Rabu, 16 Maret 2011

ayoo belajar adlerian part 3


  1. Tujuan terapi
            Para terapis Adlerian percaya, manusia membutuhkan terapi karena mereka mempunyai ketertarikan sosial yang rendah. Karena itulah, tujuan utama dari tiap terapi adalah meningkatkan ketertarikan sosial atau perasaan selalu ingin hidup bersama sebagai satu kesatuan dengan sesamanya, menyumbangkan dan berperan besar bagi sesamanya, dan mengurangi perasaan rendah diri, perasaan takut yang membuatnya menutup diri dari lingkungan sosial, dan membuatnya mengenali diri dan potensi-potensi pribadinya.

Fungsi terapis
            Terapis yang menganut konsep Adlerian sering berfungsi sebagai pendidik atau tutor. Mereka berusaha mengidentifiksi dan membangun kekuatan hidup kliennya. Mereka memotivasi kliennya menggunakan bakat dan kelebihannya untuk menolong orang lain. Dengan asumsi bahwa klien adalah orang yang penakut dan kurang berani menghadapi kehidupan, terapis berusaha membangun dukungan positif bagi kliennya dan memberanikan mereka berhubungan dengan sesama dan menyumbangkan peran yang berarti di lingkungan sosial mereka.
            Mereka tidak melakukan sesi terapi dengan serius dan menegangkan. Para terapis Adlerian akan menjadi orang yang sangat humoris, selalu ingin tahu tentang keistimewaan orang, dan tidak pernah mempermasalahkan kesalahannya. Para terapis akan menjadi orang yang senang berbicara dan sangat aktif dalam proses terapi.
            Terapis dan orang yang diterapi (klien) adalah partner yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama yang saling menguntungkan baik bagi klien maupun bagi terapis. Terapis memandang hidup kliennya sebagai sebuah konstruksi diri yang dibangun bedasarkan persepsi, keyakinan, dan perasaan. Mereka berjuang untuk mengembangkan dan mendalami pemahaman klien tentang kehidupannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar