Rabu, 16 Maret 2011

ayoo belajar adlerian part 4


  1. Berbagai Macam Metode dan Teknik Terapi Adlerian
            Para terapis Adlerian mengembangkan berbagai variasi teknik terapi. Secara umum, mereka ingin membangun hubungan yang hangat dan empatik dengan klien selama proses terapi. Terapis sendiri berusaha melakukan assesmen terhadap tujuan dan gaya hidup klien, dan berusaha memberikan pencerahan pada kesalahan-kesalahan perilaku klien yang menyebabkan kliennya mempunyai perilaku abnormal. Tujuan final adalah membuat klien berani bertindak dengan cara alternatif lain yang lebih baik.
            Memelihara, rapor (hubungan interpersonal dan kesan awal) yang baik dengan klien sngat penting dalam terapi Adlerian. Membina rapor adalah sebuah proses hungan antara klien dan terapis yang dibentuk oleh penetapan tujuan bersama antara klien dan terapis yang saling menguntungkan, rahasia, dan penghargaan terapis pada kemampuan kliennya untuk mengatur hidupnya sendiri secara pribadi.
            Para terapis Adlerian selalu berpendapat, kliennya tak berdaya, takut, dan putus asa. Hal ini akan berubah jika kliennya dapat merubah sikapnya. Jika sikap berubah maka tingkah lakunya juga akan berubah. Dalam proses ini, sangat penting bagi seorang terapis untuk memotivasi klien, menerima klien seperti apa adanya, dan fokus pada asesmen pribadi klien secara utuh dan jujur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar