Rabu, 16 Maret 2011

ayoo belajar adlerian part 5


Penyelidikan gaya hidup 
            Adler percaya bahwa tujuan utama manusia adalah mencapai keunggulan hidup dan kesempurnaan. Karena itulah, ia mendorong tiap manusia mencapai hal tersebut. Ia percaya, tiap manusia mempunyai pola yang unik dalam mengembangkan perilakunya, karakteristik dirinya, dan kebiasan-kebiasaannya yang menolongnya mencapai tujuan hidup. Dengan kata lain, tiap orang mengembangkan gaya hidupnya masing-masing sebagai orientasi dasar menghadapi kehidupannya. Hal ini menjadi semacam peta psikologis dirinya yang akan membimbingnya melewati tiap rintangan dalam kehidupannya.
            Konsep Adler tentang gaya hidup terdiri dari empat unsur penting yaitu konsep diri (pandangan seseorang tentang dirinya sendiri), self ideal (idealisasi diri atau keinginan seseorang untuk menjadi pribadi yang menurutnya ideal), gambaran dunia ( bagaimana segala sesuatunya di dunia berjalan dan bekerja seperti dirinya), dan keyakinan-keyakinan etis. Semua unsur ini bergabung menjadi satu membentuk peta psikologis seseorang. Peta ini akan menentukan siapa diri kita sebenarnya dan bagaimana kita harus bertindak menghadapi kehidupan.
            Terapis Adlerian akan berusaha menyelami gaya hidup kliennya ini dan melepaskan potensi-potensi, konflik-konflik, trauma-trauma terpendam seseorang dengan membuka tiga gerbang utama seseorang yang menuntunnya menuju perkembangan kehidupan psikologis yaitu mimpi-mimpinya, urutan kelahirannya, dan ingatan-ingatan awalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar